Minggu, 18 November 2018

Jalan-Jalan ke Pabrik Ajinomoto, Karawang

Ngomong-ngomong soal Umami, pasti inget kan dengan postingan saya, Umami, enggak bikin kamu jadi generasi micin inii? Setelah event Blogger Gathering tanggal 12 Oktober 2018 kemarin, ada kelanjutannya lowh. Kami semua di undang untuk jalan-jalan di Pabrik Ajinomoto, Karawang, pada tanggal 7 November 2018, yang kebetulan bertepatan dengan hari berkurangnya umur saya setahun uhuk. 😆😆😆 Jadi, saya berasa di kasih hadiah buat jalan-jalan. Free lagi!!

Seneng banget dech, apalagi ini merupakan kunjungan pertama saya ke pabrik, jadi semakin menambah pengetahuan saya mengenai cara kerja di pabrik. Selama ini ngeliatnya di TV aja kalau soal proses produksi. Dan, akhirnya bisa melihat secara langsung.

Blogger Goes To Ajinomoto Factory

jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang
Bus berangkat dari Bandung jam 7 pagi, dan sampai di Karawang sekitar jam 9 lebih. Saya cukup takjub ketika memasuki wilayah Karawang International Industrial City (KIIC) yang sangat rapi, dan menurut saya bagaikan komplek tapi bukan untuk perumahan, melainkan pabrik-pabrik besar. Ketika memasuki wilayah PT Ajinomoto pun kami semua langsung menyadarinya karena tulisan Ajinomoto yang cukup besar dan jelas terlihat di atap gedung.

Di sana, kami di kumpulkan di ruangan kantin, kebetulan ada kunjungan dari pihak lain, sehingga aulanya terpakai, tapi itu tidak masalah sama sekali, karena sambutan dari Bapak Fachrurozy (PR Manager) dan Bapak Nico Andrias (Finance and GA Manager), perwakilan dari pihak Ajinomoto yang hangat membuat saya merasa nyaman.

jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang


Belum lagi, kami di suguhi roti pastry berisi krim fla yang enyakkk bangeddd. Walaupun di suguhi dengan temperature dingin, dan kondisi sakit gigi yang sedang saya alami curcol tidak mencegah saya untuk memakannya sampai habis, karena rasanya pun sangat enak. Ternyata, roti ini merupakan produksi sendiri dari PT Ajinomoto Bakery lowh, di jual seharga Rp 5000,00. Saya baru tau kalo ada lini baru ini, sayang belum nemu deket rumah nich, kalo ada mah pasti bakal beli terus karena enyak bangeddd...


Sejarah PT Ajinomoto Indonesia

Tahun 1969
Kantor Pusat PT Ajinomoto Indonesia di dirikan pertama kali di Sunter, Jakarta Utara.
Tahun 1970
PT Ajinomoto Indonesia mendirikan pabrik di Mojokerto, Jawa Timur.
Tahun 1989
PT Ajinex International di dirikan di Pabrik Mojokerto, Jawa Timur.
Tahun 2012
PT Ajinomoto Indonesia mendirikan Pabrik di Karawang, Jawa Barat. Dengan Surface area sebesar 16,6 Hectare.
Tahun 2016
PT Ajinomoto Bakery Indonesia di dirikan di Pabrik Karawang, Jawa Barat.


Sejarah Produksi di Pabrik Karawang, Jawa Barat.

Pada tahun 2012, kapasitas produksi Masako Ayam mencapai 49.000 ton/tahun. Berlanjut pada tahun 2014, kapasitaa produksi Saori mencapai 3.600.000 KL/tahun. Dan, pada tahun 2018, kapasitas produksi Sajiku mencapai 24.000 ton/tahun.

Dengan luas pabrik dan produksi  yang sebesar itu, ternyata PT Ajinomoto, di Karawang ini hanya memiliki 685 karyawan lowh. Tidak lupa mereka juga selalu menjaga kehalalan serta mutu dan keamanan pangan. Mereka juga memiliki sistem pembuangan air yang aman. Hal ini sangat penting menurut saya, karena kita juga harus menjaga lingkungan sekitar, bukan?


Saori, Masako, Sajiku


jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang

Pabrik di Karawang ini hanya memproduksi ketiga bumbu masak saja, yaitu Saori, Masako dan Sajiku. Di sepanjang perjalanan kami di suguhi wangi Umami yang tercium di seantero wilayah. Saya enggak kebayang kalo lagi puasa, mungkin perut bakal keruyukan terus kali yaa, hihihii.

jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang

jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang

Di setiap tempat kami di beri penjelasan mengenai proses produksinya. Bahkan ada lorong khusus untuk pengunjung, berpenghalang kaca dimana kami melihat proses produksi yang berlangsung di bawah, dan kebetulan dilarang untuk di foto, karena ada kerahasiaan pabrik juga kan. Tapi, di sini kami juga banyak mendapatkan spot-spot menarik untuk foto.


jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang
Spot foto di Sajiku

jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang
Spot foto di Sajiku

jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang
Spot foto di Sajiku

Paling bahagia ketika di bagian Sajiku, karena spot fotonya sangat unik, ada nasi goreng melayang lowh, jadi bisa pura-pura masak ala-ala Chef handal, hihihii...

Setelah capek jalan-jalan dan foto-foto, kami kembali ke kantin untuk makan siang. Sajian soto dagingnya enakk banged, bikin pengen nambah lagi eh.
Pokoknya kami semua senang bisa berkunjung ke Pabrik Ajinomoto ini, semakin di yakinkan bahwa kualitas produksi yang di hasilkan memang tidak main-main.

jalan-jalan-ke-pabrik-ajinomoto-karawang

Terima kasih Ajinomoto dan Dream.co untuk undangannya...😆😆

Love,


Love to see you on:

Email : greenflowers711@gmail.com

1 komentar: