Selasa, 02 Agustus 2022

Anak Muda Indonesia, Peduli Bumi



Assalamualaikum

Hi Bestie,


Seperti yang sudah kita tahu, sekarang tuch banyak banget bencana alam, yang terjadi akibat kelalaian kita sebagai manusia. Seperti banyaknya hutan-hutan yang ditebang, hanya untuk dibangun Vila ataupun tempat wisata. Sebagai Green Lady, saya sedih banget sich. Yuph, saya tidak hanya suka warna hijau, tapi juga berusaha untuk mengaktualisasikan kecintaan saya terhadap warna hijau, dengan peduli juga pada Bumi. Itulah mengapa, anak saya pun bernama Bumi. 🥰🥰


Udah pada tau belum kalo tanggal 7 Agustus itu ditetapkan sebagai Hari Hutan Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara khatulistiwa yang mendapat sinar matahari yang melimpah, menjadikannya sangat subur dan dirimbuni oleh pepohonan di hutan-hutannya.


Fakta-Fakta Mengenai Hutan Indonesia




1. Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Hutan Bakau Indonesia tercatat mencapai 2,5 hingga 4,5 juta hektar, dan mencapai 25% dari seluruh dunia mengalahkan Negara Brazil, Nigeria dan Australia.


2. Berperan sebagai Paru-Paru Dunia

Terletak di Khatulistiwa dengan Hutan mencapai setengah wilayah, membuat Indonesia menduduki peringkat kedelapan, negara dengan hutan terluas di dunia pada tahun 2020. Dengan luas 97 juta hektar, menyumbang sebesar 2% dari total hutan di seluruh dunia.


3. Memiliki Keanekaragaman Hayati yang tinggi

Beragamnya Flora dan Fauna di Indonesia, bahkan ada beberapa yang hanya ada di negara kita. Untuk floranya seperti Rafflesia Arnoldi atau yang sering dikenal sebagai Bunga Bangkai, dan dari segi faunanya yaitu, Komodo, Orang Utan, Harimau Sumatera, Cenderawasih, dan Jalak bali. Jangan sampai karena ketidakpedulian terhadap kehidupan di hutan, anak cucu kita tidak pernah mengetahui dan melihat Flora dan Fauna asli Indonesia ini.


Ancaman Terhadap Hutan di Indonesia

Sedihnya, ancaman terhadap hutan Indonesia sangat tinggi, seperti deforestasi yang akhir-akhir ini semakin mengerikan. Banyaknya pembebasan lahan untuk dijadikan area industri. Dan tekhnik yang digunakan untuk deforestasi yaitu dengan pembakaran hutan, malah berakibat semakin buruk, karena kebakaran kadang jadi meluas, dan mengakibatkan polusi asap, bahkan sampai menyeberang ke negera tetangga. 


Tidak hanya polusi akibat dampak berkurangnya hutan, dan juga kesehatan bagi masyarakat di sekitar, tapi juga pada perubahan iklim dan pemanasan global yang sering disebut juga efek rumah kaca. Suhu bumi pun semakin meningkat dari tahun ke tahun, bahkan diperkirakan naik 1,5 derajat Celsius selama lima tahun kedepan.


Langkah-langkah untuk Menjaga Hutan Indonesia




Kalau sudah mendapat fakta seperti ini, bikin hati semakin sedih. Tapi, kita jangan menyerah. Selama masih ada yang peduli akan lingkungan hidup, besar kecilnya, Insya Allah akan memberikan pengaruh. 

Hal yang bisa kita lakukan #UntukmuBumiku, seperti:

1. Menjaga tumbuhan di hutan

2. Tidak membuang sampah sembarangan

3. Tidak melakukan dan mencegah pembakaran hutan

4. Melakukan reboisasi

5. Melindungi habitat hewan di hutan

6. Mengurangi penggunaan kertas dan tissue secara berlebihan

7. Mendengarkan lagu, #DengarAlamBernyanyi  yang bisa kita dengarkan di berbagai platform musik, seperti YOUTUBE | SPOTIFY | APPLE MUSICKarena semakin banyak orang-orang yang mendengarkan lagu ini, semakin banyak royalti yang digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia. #IndonesiaBikinBangga.






Saya suka banged ama video klipnya yang berupa kartun, dan musiknya pun easy listening, pas untuk didengarkan di tengah-tengah alam. Dan ini lirik favorit saya. 


"...Bersatulah, hajar selimut polusi

Ingatlah, hai, wahai kau manusia (wahai kau manusia)

Tuhan menitipkan aku

Ho, di genggam tanganmu (di genggam tanganmu)..."



Hanya dengan mendengarkan lagu ini, kita, Anak Muda Indonesia bisa memberikan dampak yang besar bagi Bumi. Mudahh kannn. 😍😍


Kalau kalian paling suka ama konsep videonya atau lirik lagunya? #TeamUpForImpact yuu, kita jaga hutan kita bersama-sama, karena #HutanKitaSultan. Semoga Bumi kita semakin membaik. Aamiinnn.


Love,




Referensi

1. https://www.suara.com/lifestyle/2020/08/07/130455/7-agustus-sebagai-hari-hutan-indonesia-ini-fakta-penting-tentang-hutan?page=2

2. https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/skola/read/2022/01/11/172034669/10-negara-dengan-hutan-terluas-di-dunia

3. https://lindungihutan.com/blog/9-dampak-kerusakan-hutan-bagi-manusia/

4. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20211105180906-113-717321/3-negara-paru-paru-dunia-brasil-hingga-ri#:~:text=Hutan%20hujan%20merupakan%20salah%20satu,penyelamat%20masalah%20emisi%20karbon%20dunia.

5. https://profio.co.id/5-cara-melestarikan-hutan/




16 komentar:

  1. Iya, nih. Sekarang sedang mempertimbangkan menerbitkan karya dalam bentuk ebook saja untuk mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan. Mari selamatkan hutan Indonesia.

    BalasHapus
  2. hutan indonesia memang sangat luas, tapi semakin berjalannya waktu hutan semakin banyak ditebangi. terutama untuk tempat tinggal manusia :(

    BalasHapus
  3. Makasih kak, saya jadi lebih aware soal green forest nih. Kyknya kalo d pikir2 kita bisa berkontribusi juga.

    Saya suka kesel sama oramg2 yg masih buang sampah seenak jidat. Jangan kata milah2 sampah, buangnya aja kyknya masih sulit.

    BalasHapus
  4. Masuk ke hutan dan menjelajah adalah healing termurah. Semoga perusahaan-perusahaan yang kerap deforestasi lebih berpikir tentang masa depan alam.

    BalasHapus
  5. Menurutku yg paling utama adalah jangan sampai hutan lindung beralih fungsi jd pertambangan dan sejenisnya. Memang kdg masyarakat juga suka membuka lahan perkebunan dsb. Tapi dampak buruknya ga sebesar yg ditimbulkan oleh yg dilakukan oleh korporasi besar. Akalnya pemerintah terutama hrs tegas sih.. Jgn malah kongkalikong dengan perusahaan besar utk menghancurkan hutan.

    BalasHapus
  6. Sulit memang jika kepentingan pribadi mereka yang berkuasa sudah berbicara, lahan hijau diubah jadi area penambangan, dan areanya terus bertambah dari tahun ke tahun. Dan seolah memang pemerintah kehabisan akal dalam membuka RTH. Kita bisa lihat melalui tindakan pemerintah dalam perencanaan pembangunan, lalu implementasi rencana kerja, yang gagal berkomitmen untuk paling tidak menyediakan 30% Ruang Terbuka Hijau.

    BalasHapus
  7. Betul kak, sudah saatnya memang kita lebih peduli dengan hutan Indonesia. Pembukaan lahan makin marak dengan berdalih pembangunan. Padahal nggak semua hutan harus dibangun. Ada hutan yang harus tidak diapa-apakan agar tetap lestari

    BalasHapus
  8. Selamat Hari Hutan Indonesia.
    Senang sekali rasanya ada Hari Hutan Indonesia, karena dengan memanfaatkan momentum yang baik ini kita semua bisa kembali berefleksi mengenai langkah apalagi yang bisa kita lakukan untuk menjaga hutan bumi ini.

    BalasHapus
  9. Semoga makin banyak anak muda yang tergerak melestarikan hutan. Lagunya enak didengar.

    BalasHapus
  10. Mari kita sama sama menjaga hutan kita! Selamat hari hutan Indonesia

    BalasHapus
  11. Seneng sama semuanya, musiknya, lyricnya, animasinya dan penyanyinya. suaranya bagus. Bagus nih dipake nemenin perjalanan, apalagi pas jalan pemandangan kanan kirinya hijau2 yg syeger2...

    BalasHapus
  12. Salud ya ada anak muda menciptakan lagu "Dengarkan Alam Bernyanyi". Bumi ini milik bersama jadi sudah seyogyanya kita juga menjaga terutama untuk kelestarian hutan

    BalasHapus
  13. Kalau ingat hutan Indo, teringat dengan paru paru dunia...

    BalasHapus
  14. penting sekali kesadaran anak muda untuk peduli bumi, sehat selalu bumiku dan indonesia.

    BalasHapus
  15. Bener kak, anak muda perlu menjaga hutan dan jaga lingkungan. Mirisnya lagi hutan di bumi dan utamanya di Indonesia terus berkurang karena banyak hal. Salah satunya pembukaan hutan untuk pemukiman. Bahkan di beberapa negara Asia, Eropa dan Amerika sudah mencari cara untuk membuka lahan hutan buatan. 🥲

    BalasHapus
  16. Hutan-hutan di Indonesia harus tetap dilestarikan agar fungsi dan perannya tetap berjalan. Jangan sampai kalah dengan kepentingan bisnis.

    BalasHapus