Minggu, 05 September 2021

Love Languages dan Kaitannya dalam Hubungan Pernikahan


Assalamualaikum,

Hi Beautifullers,


Kalian pernah dengar tentang Love Language enggak? Jadi Love Language atau Bahasa Cinta itu merupakan ungkapan cinta yang kita dapatkan dari pasangan, begitu juga sebaliknya. Atau cara bagi seseorang untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain.


Love Language ini pertama kali dikembangkan oleh penulis dan konselor bernama Dr. Gery Chapman pada tahun 1992 yang tertuang dalam bukunya berjudul The 5 Love Languages.

Apa sajakah Love Language itu?


Words of Affirmation

Seperti artinya, kata-kata penegasan. Kita perlu ditegaskan bahwa orang yang kita cintai, mencintai kita. "I Love You", "Kau Cantik Hari Ini, dan Aku Suka." Ehhh, laguu ini mahh. Yahh, seperti itulah orang-orang dengan Love Language, seneng digombalin. Tapi digombalinnya itu beneran dan tulus lowh, bukan diboongin apalagi dikadalin ama buaya. 🙄🙄


Quality Time

Seneng kemana-mana bareng ama pasangan. Atau cukup hanya di rumah, manja-manjaan atau melakukan kegiatan bersama-sama. Kalau pasangan kalian memiliki Love Language seperti ini, jangan ampe kalian terlalu sibuk ama pekerjaan ampe melupakan pasangan kalian yaa. Bisa-bisa pasangan kalian kecewa karena dicuekin dan bisa-bisa merasa tidak dicintai. Gawatt Kan.


Receiving Gifts

Cewee mana yang enggak suka hadiah?

Gak mungkin ada dech yaa.

Kalau dikasih Alhamdulillah, enggak juga jangan ampe enggak. #Ehh, qiqiqii. Yahh seperti inilah orang yang Love Languagenya Receiveng Gifts. Seneng banged dihujani hadiah, misalnya ditanggal-tanggal penting. Seperti Hari Jadian 3 harian #ehhh Ulang Tahun, Ulang Tahun perkawinan, bahkan lagi enggak ada momen penting juga mereka butuh 'ungkapan cinta' dengan hadiah. Semangaddd cari cuan yaa yang pasangannya Love Languagenya seperti ini. 💪☺️ Kamu pasti bisa!! 


Tapi enggak mesti hal mahal kok, yang penting ketulusan dalam memberikan hadiah. Misalnya nemu bunga ditepi jalan, terus dipetikin and dibawa pulang untuk diberikan pada pasangan, mereka juga udah bahagia banget. Ati-ati dikejar orang yang punya bunga, karena udah metik bunga sembarangan. Apalagi ditambah oleh-oleh martabak, bakso, boba, pizza, kopi, dll #eh


Acts of Service

Orang-orang dengan Love Language ini kebalikan banged dengan Words Of Affirmation. Buat mereka Talk Less Do More itu lebih penting. Seperti dianterin kemana-mana dengan pasangan. Dibawain belanjaan atau tasnya. Dibantu membereskan rumah dan mengasuh anak. Dahlah, kalau kalian melakukan semua pada pasangan kalian dengan Love Language ini, dijamin mereka bakalan bucin banged.


Physical Touch

Oops, ngebacanya mesti gimana gitu yaa kan. Padahal enggak melulu seperti apa yang kalian pikirkan lowh. Mikir apa hayooo? Wkwkwkwkwk

Sentuhan lembut penuh kasih sayang menjad hal utama. Misalnya mengecup dahi saat akan pergi ke kantor. Pelukan ketika sedang memasak. Atau saling menautkan kaki, ketika sedang menonton netflix di hp masing-masing. Beneran sentuhan hal-hal kecil aja udah bikin pasangan kalian dengan Love Language ini merasa dicintai lowh. Apalagi dalam Islam sentuhan pada pasangan halal kita itu bernilai ibadah. Hayooo, siapa yang mau pahala gratisan plus bikin pasangan kalian merasa sangat dicintai?? Banyak-banyak menyentuh mereka dengan tulus ya.


Setelah membaca di atas, kalian bisa nebak enggak Love Language kalian apa?


Kalau saya, enggak ada yang nanya  ada yang bisa nebak enggak??


Hihihi, malu sich ngomongnya, tapi saya ini Love Languagenya Physical Touch. Merasa sangat dicintai kalau disentuh. Bahkan sentuhan sekecil apapun, seperti menjawil pipi atau mengelus tangan aja udah berarti banged lowh. Murah dan gratis banged kan, bernilai pahala besar pula.


Saya sendiri iseng ikutan tes di 5lovelanguages.com dan sebelum tes tuch udah bisa nebak sich hasilnya bakal seperti apa. Hihihii....



Peran Penting Love Language dalam Pernikahan


Lalu, peran pentingnya Love Language dalam Pernikahan apa sich? Jelas sangat penting yaa, salah satunya misalnya kalian senang menghujani pasangan kalian dengan kata-kata pujian, padahal pasangan kalian itu type Acts of Service, bisa-bisa kalian ditinggal dech. Dadah Babay.


Biasanya ini udah ketauan pas pacaran sich, secara tidak sadar kalian akan nyaman dengan seseorang yang memberikan Love Language yang kalian butuhkan. Kayak saya misalnya, ada yang suka ngasih saya bunga. Yaa, cewe mana yang kagak suka bunga. Tapi saya lebih suka bunga deposito, eitss nge-Riba-nget. Tapi berhubung Love Language saya Physical Touch, yaa enggak bakalan 'nyambung' kan. Ehh, masih pacaran enggak boleh banyak-banyak Physical Touch, entar yang ketiga setan. Dengerin kata orang tua. Beneran ini mah. Serius. Ehh, enggak percaya ya. Hmmmm....


Yaa, makanya pas ketemu Hubbee yang orangnya 'dingin' nyebelin, tapi suka memberi sentuhan kecil, seperti menjawil pipi, atau mengusap kepala, atau sekedar curi-curi menggenggam tangan di tengah-tengah sibuknya pekerjaan #ehh Well, I feel being loved. Ditambah suka ngebeliin jajanan segala macem, ampe menggendutslah saya. Lah, Physical Touch or Receiving Gifts?? Yaa balik lagi, cewe mana yang enggak suka dikasih hadiah, walaupun cuman dijajanin bakso, yee kan. 😆😆😆



Jadi, yuu temukan Love Language kita dan pasangan masing-masing. Terus banyak-banyak dipraktekkan. Agar pernikahan kita barokah, bahagia dunia dan akhirat. Aamiinnn.


Love,








Tidak ada komentar:

Posting Komentar