Selasa, 29 Maret 2022

Jadi Anak JakSel? Simak Tips Memilih Apartemen di Jakarta Selatan

Sumber : Unsplash


Assalamualaikum

Hi Bestiee,


Sebelumnya mau cerita, kalau Mamihku dulu sebelum menikah, sempat tinggal di Jakarta Selatan. Setelah menikah, dan kebetulan mendapatkan pekerjaan di Bandung, baru Mamih hijrah ke Kota Kembang. Jadilah saya dari lahir sampai dengan sekarang tinggal di Bandung. 


Qadarullah, ternyata takdir membawa Babehku yang awalnya bekerja di Bandung, jadi pindah ke Jakarta. Dan beliau pun menempati rumah di Jakarta Selatan yang dulu ditinggali Mamih dan Mbahku, dimana disana tinggal adeknya Mamih.


Setiap liburan sekolah, saya sering kesana, bahkan jauh sebelum Babeh pindah kesana. Bahkan pas kelas 5 SD, saya pernah naik kereta ke Jakarta sendirian, baru di jemput di Stasiun Gambir ama Tanteku, hihihii. 


Saya suka sekali daerah rumah Mbahku itu, karena terletak di Jalan Banjarsari, Fatmawati, cukup strategis, dan asri. Alhamdulillah enggak pernah kena banjir juga. Padahal jalan masuknya itu lumayan menurun.


Dan setelah Tante meninggal, rumah itupun dijual. Biar enggak jadi sengketa kedepannya kalau terlalu lama didiamkan. Karena kayak di sinetron-sinetron kalau rumah terlalu lama kosong dan enggak di rawat ahli warisnya, bisa aja nanti ada yang ngaku-ngaku pemiliknya kebanyakan nonton sinetron. Ehh, bahkan enggak hanya di sinetron ajaa, berita baru-baru ini bahkan Aktris Nirina Zubir kecolongan harta warisan Ibunya yang ditilep oleh asisten rumah tangganya yang bekerjasama dengan mafia tanah sejumlah 17 M. Woww, enggak main-main kan.


Jadilah langsung diambil keputusan untuk menjual rumah tersebut, oleh Bude dan Mamih.


Sedih??


Jangan ditanya.


Walaupun hanya setahun sekali kesana, kenangannya tentu tetap membekas. 


Jakarta Selatan buat saya itu lumayan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal dibandingkan daerah Jakarta lainnya. Apalagi Jakarta Selatan merupakan gerbang masuk Kota Jakarta, dan berdekatan dengan Kota-kota lain, seperti Depok dan Bekasi. 


Anak gaul JakSel pun adanya disini kan, #eh. Buat kalian yang lagi nyari hunian yang nyaman dan merupakan tempat anak-anak gaul #eh, atau di sekitaran Jakarta Selatan terutama apartemen, simak tips berikut ini.


1. Budget


Sumber : Unsplash


Ini hal yang utama pastinya yaa, segala sesuatu harus disesuaikan dengan budget. Jangan ampe karena udah kadung cinta ama tempatnya kita malah jadi over budget. Terus enggak ada buat biaya hidup yang lain dech, jangan ampee yaa. In Shaa Allah, kita pasti ketemu tempat yang sesuai dengan isi kantong kita, dan tetap nyaman.


Kita juga harus memikirkan, apakah akan dibeli secara tunai atau secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Jangan lupa dengan biaya lain, seperti notaris, dll. Atau kita memilih untuk sewa saja. 


2. Lokasi

Sumber : Unsplash

Penting juga pastinya kan, jangan ampe apartemennya terlalu jauh dari tempat kita kerja atau jauh darimana-mana. Yang tadinya mau hemat ongkos, tapi malah boncos.


Sebaiknya kita juga memilih yang dekat dengan stasiun KRL dan MRT, kawasan kampus, kawasan perkantoran, dan pusat hiburan. Karena, bisa jadi investasi untuk kedepannya.


3. Survey

Sumber : Unsplash


Jangan sampai kita seperti beli kucing dalam karung kan? Kita bisa cek di situs jual apartemen terlebih dahulu sebelum survey. Baru setelahnya wajib mengecek fasilitas, kondisi, pengembangnya darimana, akses transportasi ke apartemen. Karena cari jodoh aja kita selektif, tempat tinggal juga dong, #eh.


4. Kelengkapan Administrasinya

Ini paling krusial kan, jangan sampe kita beli apartemen Jakarta Selatan yang ternyata sengketa, atau belum lengkap surat-suratnya. Zaman sekarang tuch penting bangedd, jangan ampe skip ya.


So, itulah dia tips-tips yang bisa kalian terapkan saat mencari apartemen di Jakarta Selatan. Jangan lupa ajak orang terdekat kalian ketika survey, agar mereka bisa ngasih second opinion. Jadi enggak diburu nafsu ketika memutuskan. Selamat mencari hunian terbaik, dan bersiap jadi anak gaul JakSel, Bestieee.



Love,












13 komentar:

  1. terimakasih atas artikel yang banyak memberi insight ini. meskipun saat ini saya belum berencana untuk memiliki apartemen, tetapi membaca artikel ini pasti akan banyak memberi gambaran dan detilnya.

    BalasHapus
  2. Jaksel punya ya mbak.. Tapi harus selalu ada pertimbangan kalau mau punya apartemen dimanapun itu,

    BalasHapus
  3. Wuih keren banget tipsnya kk. Boleh banget nih diterapkan walaupun bukan anak Jaksel

    BalasHapus
  4. Salah satu tips yg harus dipertimbangkan juga adalah akses & sirkulasinya..

    Mgkin gk begitu penting secara kebutuhan, tetap secara teknis, akan menciptakan kenyamanan..

    Smoga blog nya semakin berkembang ya.. trims

    BalasHapus
  5. Iyaa nih, aku lagi berpikir mau coba beli apartemen tapi masih maju mundur soalnya banyak jg properti yang mangkrak di tengah jalan ya. Harus jeli liatnya.

    BalasHapus
  6. Whoaa thanks ka tipsnya! Kadang kita suka lupa sama beberapa hal ini, padahal banyak yang harus kita perhitungkan sebelumnya ya

    BalasHapus
  7. Apartemen sebenarnya hampir sama dengan milih rumah ya. Ya mikir gimana sertifikatnya, terus yang g kalah penting track record pengembangnya sih sekarang. Jangan sampai pas beli apartment track record dari pengembang atau developernya bermasalah. 😉

    BalasHapus
  8. Masih muda, pekerja memang bagus tinggal di apartemen yang dekat stasiun KRL dan perkantoran. Tapi kalau sudah berkeluarga beda lagi ya..

    BalasHapus
  9. Bagus nih tipsnya, walaupun aku enggak tinggal di Jaksel. Akan tetapi siapa tau tahun depan bisa kuliah ke Jakarta, jadi bisa siap-siap dari sekarang deh..

    BalasHapus
  10. Kira-kira area JakSel sebelah mana ya kak yang cocok untuk invest apartemen?

    Biasanya sih yang terkenal itu apartemen di Kalibata City. Ada referensi wilayah lain kah??
    Kalo Fatmawati kurang strategis deh..

    BalasHapus
  11. Makasih kk tipsnya. Blm pernah tinggal di jkt sih tpi siapa tau suatu saat ada ksmpaatan tinggal menetap di sana

    BalasHapus
  12. Wahhhh makasih lo kak tips nyaa. kali aja ntar penempatan saya kerja di jaksel. bole banget tips nya. smogaaaaaaaaa kesampaian beli apartemen di jakarta. ga harus di jaksel hihihihihihi AMIN

    BalasHapus
  13. Dari segi kenyaman, rumah memang paling nyaman untuk ditinggali.
    Namun karena zaman sekarang rumah harganya selangit, bisa banget yah..investasi beralih ke apartemen yang nyaman dan lokasinya strategis.

    Terimakasih, bestie..

    BalasHapus